Minggu, 22 Juli 2012

Bulan Ramadhan Momen Tadarrus Al-Qur'an

Oleh : Sawiyanto
(Ketua Dewan Pakar Gema Al-Qur'an Tamora) 


ARTI TADARUSAN:
Istilah tadarus Al-Quran sebenarnya agak berbeda antara bentuk yang kita saksikan sehari-hari denganmakna bahasanya. Tadarus atau tadarusan biasanya berbentuk sebuah majelis di mana para pesertanya membaca Al-Quran bergantian. Satu orang membaca dan yang lain menyimak. Dan umumnya dilaksanakan di masjid atau mushalla di malam-malam bulan Ramadhan. Padahal kata tadarus berasal dari asal kata darasa yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji dan mengambil pelajaran. Lalu ketambahan huruf ta’ di depannya sehingga menjadi tadarasa yatadarasu, makamaknanya bertambah menjadisaling belajar, atau mempelajari secara lebih mendalam. (http://www.tadarusan.com/about/).

 MAKNA TADARUSAN:
Tadarus merupakan sebuah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, Tadarus juga dapat dimaknai sebagai upaya memperbaiki akhlakul karimah karena dengan membaca ayat suci Al-Qur’an kita selalu mengingat dan berada di jalan Allah SWT. (http://www.tadarusan.com/about/).

Bulan ramadhan adalah bulan istimewa dimana didalamnya terdapat limpahan ampunan dan rahmat. Satu kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya dan demikian pula sebaliknya.  Salahsatu kebiasaan di bulan suci ramadhan selain shalat tarawih adalah tadarus quran. Fenomena yang terjadi saat ini tadarus quran menjadi sebuah kegiatan dimana setiap muslim berlomba-lomba untuk mengkhatamkan membaca quran. Namun demikian ijinkan saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai Tadarus Quran.
Tadarus Quran terdiri dari dua kegiatan yakni membaca dan mengkaji. Kata tadarus dalam kamus besar bahasa indonesia online mengandung arti membaca quran bersama-sama. Namun menurut saya, tadarus sendiri berkaitan dengan kata madarasah / madrasah. Madrasah adalah sekolah yang khusus mengajarkan ajaran agama islam atau bisa jadi porsi pendidikan agama islam lebih banyak dibandingkan dengan pengetahuan umum. Jadi selain membaca, kita juga dianjurkan untuk mengkaji isi bacaannya.
Jadi salah dong kalau kita menyebut tadarus saat kita membaca seperti hari-hari dibulan ramadhan? Saya tidak menyalahkan karena apa yang kita lakukan dengan membaca quran bersama-sama itu disebut Tilawah. Tilawah merupakan bagian dari tadarus. Nah, berikutnya jika kita ingin meningkatkan ilmu kita, selain membaca quran baca juga terjemahannya. Jika kita pernah khatam membaca quran berkali-kali namun pernahkah kita berpikir berapa banyak kita khatam membaca terjemahannya?

Bulan Ramadhan yang merupakan Bulan dimana Al-Qur'an untuk pertama kalinya diturunkan setidaknya merupakan bulan sebulan penuh kebanyakan umat Islam memenuhi masjid dan membuatnya kebiasaan membaca Al-Qur'an, ya kita beranggapan positif saja bahwa kemungkinan di bulan ini kebanyakan Umat Islam berkesempatan membaca Al-Qur'an, dan mudah-mudahan sekian persen mereka jadi terbiasa untuk membacanya walau tidak dibulan Ramadhan karena dengan keberkatan Bulan Ramadhan tersebut. Amin ya rob............... (swdp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar